Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Terpilih, Pemprov Tunggu Surat dari DPRD

Pelasanaan pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih oleh KPUD Konawe Selatan, Senin (22/3/2021)/aroeL

KENDARI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) sampai saat belum memproses pengusulkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Terpilih, Surunuddin Dangga-Rasyid.

Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, Basiran mengatakan, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) tidak melanjutkan sengketa sidang Pilakda Konsel maka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konsel melakukan pleno penetapan pasangan kepala daerah.

“Jadi untuk proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menunggu surat dari DPRD Konsel. Kalau sudah ada hasil Paripurna akan disampaikan kepada Gubernur, nanti Biro Pemerintahan dan Otda akan memeriksa kelengkapan berkas, setelah lengkap maka Gubernur mengusulkan kepada Mendagri, ” katanya via WhatsAppnya, Senin (22/03/2021).

Plt Biro Pemerintah Setda Sultra, menjelaskan Pemprov Sultra masih menunggu semua proses di Kabupaten Konsel rampung.

“Karena usul pengajuan kepada menteri dalam negeri (Mendagri) untuk proses surat keputusan (SK) Mendagri tentang pengangkatan bupati dan wakil bupati harus diproses oleh Pemprov Sultra, ” singkatnya.

Diketahui, KPUD Konsel hari ini (22/3/2021), menggelar rapat pleno penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Terpilih setelah menerima salinan putusan secara resmi dari MK pada tanggal 20 Maret 2021.

Penulis: Rahmat
Editor: aroeL

Pos terkait