Kasus Suap Pengesahan RAPBD, Mantan Pimpinan DPRD Jambi Divonis Penjara

Tersangka mantan Ketua DPRD Jambi Cornelia Buston (Kiri) setelah menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (20/10/2020) lalu/AntaraNews

JAMBI – Mantan Ketua DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, Cornelis Buston divonis 5,5 tahun penjara dan diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp100 juta, sebagaimana putusan yang dibacakan majelis hakim dalam sidang putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jambi, Selasa (23/3/2021).

“Jika uang pengganti tidak dibayar dalam tempo 1 bulan setelah putusan tetap, maka harta benda dapat disita untuk dilelang. Dalam hal tidak mencukupi, diganti dengan pidana penjara selama 1 bulan kurungan,” ujar Hakim Ketua Erika Sari Emsah Ginting saat membacakan amar putusan, seperti dikutip dari laman Kompas.

Selain itu, dua mantan Wakil Ketua DPRD Jambi juga divonis bersalah.

Masing-masing, Chumaidi Zaidi yang divonis 5 tahun penjara dan membayar uang pengganti Rp400 juta subsider 4 bulan kurungan.

Bacaan Lainnya

Kemudian, AR Syahbandar yang divonis 4,5 tahun penjara. Syahbandar tidak dibebankan membayar uang pengganti, karena dia sudah menitipkan uang pengganti melalui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Majelis hakim menilai ketiga mantan pimpinan DPRD Jambi ini terbukti bersalah dalam kasus korupsi suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017-2018.

Kasus ini juga menjerat Zumi Zola Zulkifli yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Selain itu, ketiga terdakwa juga dihukum dengan denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam amar putusan para terdakwa disebutkan terbukti melanggar Pasal 12 huruf a UU 31/1999  sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Pos terkait