Basarnas Diminta Libatkan Generasi Milenial sebagai Potensi SAR

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie. (Foto: Runi/Man/dpr.go.id)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Syarief Abdullah Alkadrie meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan lebih melibatkan generasi milenial yang ada di setiap daerah Indonesia sebagai potensi Search and Rescue (SAR). Menurutnya, salah satu yang bisa dilibatkan yakni Pramuka.

Demikian diusulkan Syarief usai menghadiri RDP Komisi V DPR RI dengan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati serta Kepala BNPP/Basarnas, Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi beserta jajaran di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (22/3/2021).

“Saya kira perlu juga dikembangkan lagi seperti yang lalu-lalu, (seperti) keterlibatan pramuka dan generasi muda sebagai potensi SAR. Saya dulu aktif di kegiatan pramuka dan dilatih untuk memiliki kapasitas dalam upaya pertolongan pertama pada kecelakaan. Dulu kita banyak dilatih, tapi sekarang (pelatihan) itu sudah hilang,” ujar politisi NasDem ini seperti dilansir dari dpr.go.id pada Rabu (24/3/2021).

Selain itu, Syarief meminta agar desain pembangunan Indonesia ke depan harus sesuai dengan karakteristik wilayah bencana termasuk deteksi dini bencana.

Bacaan Lainnya

“Di mana-mana sekarang sering terjadi bencana. Saya kira ini merupakan tantangan kita,” pungkas Legislator Dapil Kalbar I itu.

Pos terkait