Praktik Korupsi Pertambangan Berhasil Diungkap, Sudirman Apresiasi Kinerja Kejati Sultra

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Sultra, Sudirman/Foto: Ist

KENDARI – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sudirman mengapresiasi kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang telah berhasil mengungkap praktik korupsi di sektor pertambangan.

Dimana, Kejati Sultra akhirnya menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi PT. Toshida Indonesia, sebagai tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penggeledahan di Kantor Dinas ESDM Sultra, pada Senin (14/6/2021).

“Saya sebagai anggota DPRD Sultra mensupport dan memberikan apresiasi terhadap langkah penegak hukum (Kejati Sultra),” ungkapnya, saat dihubungi melalui selulernya, Kamis (17/6/2021).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengatakan, keseriusan dalam menangani kasus korupsi tersebut merupakan bukti penyidik Kejati Sultra dalam menuntaskan kasus dugaan korupsi pertambangan di Sultra.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya kinerja penegakan hukum seperti ini, Insyaal Allah bisa memberikan angin segar terhadap publik di Sultra,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, apalagi uang yang telah dikorupsi sebesar Rp190 miliar ini jika dimasukkan di pendapatan daerah bisa dugunakan untuk pembangunan daerah yang luar biasa, dan dinikmati masyarakat.

“Ini bisa menjadi warning bagi perusahaan-perusahaan agar mengikuti kaida pertambangan dengan baik dan benar, dikelola dengan baik, pajak dibayar dengan benar untuk daerah,” katanya

Seperti diketahui, empat orang yang ditetapka tersangka dalam perkara tindak pidana korupsi tersebut adalah Direktur Utama PT. Toshida, LSO dan UMR sebagai karyawan PT Toshida.

Selanjutnya, dua tersangka lainnya merupakan pejabat di lingkup Pemprov Sultra, yakni mantan Plt. Kadis ESDM, BHR dan mantan Kabid Minerba, YSM.

Pos terkait