DPR Minta Kemenkeu Segera Cairkan Dana COVID-19 Untuk Ponpes dan Madrasah

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto/Foto: Dok. DPR RI

JAKARTA – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto minta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diminta agar segera mencairkan anggaran bantuan penanganan COVID-19 bagi pondok pesantren (ponpes) dan madrasah, mengingat bantuan tersebut sangat dibutuhkan untuk membiayai operasional penyelenggaraan pendidikan bagi para santri pada masa pandemi COVID-19.

“Yang diblokir kurang lebih Rp500 miliar oleh Kemenkeu sehingga Kementerian Agama (Kemenag) sampai sekarang tidak bisa menyalurkan bantuan tersebut untuk ponpes dan madrasah padahal dimasa COVID-19 ini anggaran tersebut sangat dibutuhkan untuk biaya operasional” kata Yandri dalam keterangan pers yang diterima Parlemen.id, Selasa (29/6/2021).

Yandri mengungkapkan pemblokiran dana Rp500 miliar yang dilakukan oleh Kemenkeu tersebut sudah terjadi selama enam bulan tanpa alasan yang jelas.

“Sampai saat ini Kemenkeu belum memberikan alasan yang pasti terkait pemblokiran dana tersebut. Kami di Komisi VIII mendesak agar Kemenkeu segera membuka blokiran dana tersebut dan segera distribusikan kepada ponpes dan madrasah,” ungkap politisi PAN itu.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah menjanjikan dukungan kepada ponpes dan madrasah di tengah pandemi COVID-19 melalui program pemulihan ekonomi pesantren, dengan alokasi anggaran senilai Rp2,6 triliun.(**)

Pos terkait