Pandemi Covid-19, Ketua Majelis Syuro PKS Ajak Perkuat Fungsi Keluarga

Salim Segaf Aljufri. (Foto: Dok. PKS)

JAKARTA – Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri mengajak masyarakat memperkuat fungsi keluarga sebagai sarana pembinaan mental dan spiritual. Menurutnya, keluarga merupakan lembaga penting dan strategis dalam menyiapkan generasi bangsa agar siap menghadapi berbagai tantangan.

“Terlebih dalam kondisi seperti sekarang, keluarga harus benar-benar dapat difungsikan sebagai tempat berlindung para anggota keluarga dalam menghadapi berbagai tantangan,” ujar mantan Menteri Sosial era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini dalam seminar memperingati Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional yang digelar PKS secara daring pada Rabu (14/7/2021).

Untuk itu, Salim mengingatkan para orangtua agar dapat menciptakan suasana harmonis, ceria, dan nyaman dalam keluarga.

“Keceriaan dalam keluarga di masa pandemi ini sangat penting. Hubungan suami-isteri, ayah-bunda dan anggota keluarga jangan diwarnai ketegangan, apalagi marah-marah atas perkara kecil,” imbuh Salim.

Bacaan Lainnya

“Ayah-bunda perlu menunjukkan hal yang indah dalam keluarga, sehingga tidak mudah emosional. Jika ada sedikit kesalahpahaman antar-orangtua cukup diselesaikan di kamar, agar anak tidak melihat pertengkaran. Kunci ketahanan keluarga bila anak melihat kasih-sayang dan kekompakan di antara orangtua,” katanya.

Menurutnya, suami-isteri harus membangun suasana santai di rumah.

“Kalau suami pulang dari kantor, jangan disambut dengan kabar heboh seperti kompor meleduk atau berita sedih. Karena beban di kantor dan luar rumah sudah bertumpuk-tumpuk, suami butuh relaksasi,” jelas Salim.

Salim menegaskan pendidikan anak juga harus menjadi perhatian para orang tua agar dapat mengoptimalkan bonus demografi.

Sesuai dengan tema seminar, “Saatnya Menjadi Orangtua”, Salim mengajak para peserta agar berupaya menjadi orang tua yang baik sebagaimana yang diajarkan dalam agama dengan memberi nama anak yang bagus, memberi air susu ibu kepada bayinya agar hubungan batin terjalin kuat, mendidik anak dengan baik, di rumah atau di sekolah, adil terhadap semua anak, agar tidak terjadi diskriminasi.

“Selain itu orangtua perlu memberikan makanan yang halal dan baik kepada anak. Bukan dari hasil korupsi,” tegas Salim.

Pos terkait