5 Saran Partai Gelora kepada Pemerintah agar Sukses Atasi Pandemi Covid-19

Pengurus DPN Partai Gelora. Foto: Ist.

JAKARTA – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia mengusulkan lima saran yang perlu dilakukan pemerintah agar sukses dalam mengatasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Hal ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah dalam mengambil kebijakan,” kata Sekretaris Jenderal Partai Gelora Indonesia, Mahfuz Sidik dalam keterangannya pada Minggu (18/7/2021).

Menurut Mahfuz, pertama, terkait percepatan dan perluasan vaksin didasarkan dari data Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di mana pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi nasional sebanyak 208.265.720 penduduk.

“Untuk percepatan dan perluasan vaksinasi gratis di semua daerah, pelaksanaannya perlu diperluas di kantor Kelurahan dan Desa,” kata Mahfuz seperti dilansir dari tribunnews.com pada Senin (26/7/2021).

Kedua, menurut Mahfuz, pemerintah membagikan masker dan multivitamin gratis untuk masyarakat tidak mampu, khususnya di wilayah padat penduduk dan tinggi mobilitas.

“Pemerintah bisa galang dana CSR (corporate service responsibility) untuk pembagian masker dan multivitamin gratis,” katanya.

Selanjutnya, saran ketiga agar pemerintah mengendalikan harga obat Covid-19 yang dibutuhkan masyarakat agar tetap murah.

“Sekarang harga obat-obatan terkait Covid-19 naik gila-gilaan,” ujar Mahfuz.

Kemudian saran keempat yang tak kalah penting, menurut Mahfuz, memperkuat puskesmas dengan sarana kesehatan yang mampu menangani dan merawat pasien Covid-19.

Dengan begitu, pasien Covid-19 tidak perlu dirawat di rumah sakit yang menyebabkan keterisian tempat tidur penuh.

“Dan saran kelima adalah manajemen kendali di pusat harus terintegrasi. Jangan banyak tangan tapi terkesan tidak terpadu. Juga libatkan ilmuwan dan tokoh agama,” pungkas Mahfuz Sidik.

Editor: IUL

Pos terkait