DPD Partai Nasdem Butur Ingatkan Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Buton Utara (Butur), Norbertus Simon.

KENDARI – Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, pendidikan politik sangatlah penting bagi Generasi Muda, tak terkecuali di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebabnya, peran aktif generasi muda di bidang politik sangat berdampak terhadap kemajuan suatu daerah. Untuk itu, pemahaman tentang politik sudah harus ditanamkan sejak dini, khususnya bagi pemilih pemula. Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Buton Utara (Butur), Norbertus Simon.

Ia mengatakan, berdasarkan pantauan Pengurus DPD Nasdem Butur, pendidikan politik kerap dilakukan berbagai lembaga dan komunitas terkait yang peduli dengan perkembangan demokrasi di Indonesia, termasuk di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Namun Demikian, pendidikan Politik yang sudah dilakukan, baik dalam bentuk pelatihan maupun sosialisasi itu, belum secara spesifik menjelaskan peran aktif generasi muda dan pemilih pemula, tidak hanya sebagai wajib pilih, tetapi juga dapat dipilih jika nanti mencalonkan diri sebagai calon legislatif maupun eksekutif,” kata Simon pada Sabtu (04/9/2021).

Bacaan Lainnya

Untuk itu, ia mengajak seluruh kader dan Pengurus DPD Partai Nasdem Butur agar secara aktif melakukan sosialisasi kepada generasi muda dan pemilih pemula di Sultra untuk memahami pentingnya pendidikan di bidang politik.

“Kami harap ke depan generasi muda dapat memahami peran politiknya secara utuh, tidak sebatas wajib pilih saja, tetapi juga memiliki hak untuk dipilih, karena Partai Nasdem Butur selalu terbuka bagi pemuda yang mau berperan aktif dibidang Politik ini,”ujar Norbertus.

Ia menambahkan, pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda dan pemilih pemula sebagai upaya membangun kesadaran berpolitik dan memberikan pengetahuan yang memadai, sehingga mereka dapat berpikir secara rasional dalam pengambilan keputusan dan penggunaan hak politik secara sadar dan rasional.

“Sebagai generasi muda, peran serta dalam pembangunan dapat diwujudkan dengan upaya yang bermanfaat bagi kepentingan rakyat banyak, khususnya di Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

Pos terkait