Kursi Wakil Ketua DPR, Lodewijk Resmi Gantikan Azis Syamsuddin

Sekjen Golkar Letjen TNI (Purn) Lodewijk Paulus / Net

Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus resmi menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI. Penetapannya dilangsungkan dalam rapt paripurna yang digelar, Kamis (30/9/2021).

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan nama Lodewijk telah diajukan oleh Partai Golkar kepada pimpinan DPR, Rabu (29/9/2021) kemarin. Sesuai mekanisme, proses penetapan Wakil Ketua DPR RI yang baru dilakukan dalam Rapat Paripurna.

“Berdasarkan Peraturan DPR RI 1/2020 tentang Tata Tertib Pasal 39 yang mengatur mengenai tata cara pemberhentian pimpinan DPR karena mengundurkan diri dari jabatan sebagai pimpinan DPR, maka DPR perlu menetapkan pemberhentian saudara Azis Syamsuddin dari jabatan Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam,” kata Puan kepada wartawan, Kamis (29/9/2021).

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pengajuan nama tersebut sudah melalui mekanisme internal Partai Golkar. Yaitu dibahas dalam Rapat Pleno Terbatas dan Rapat Pleno Harian.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya juga, dirinya telah berkonsultasi dengan seluruh senior Partai Golkar. Seperti Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, dan Dewan Pakar.

“Saat ini Lodewijk menjabat sebagai Sekjen DPP Partai Golkar. Selain itu, berada di Komisi I DPR yang membidangi pertahanan, intelijen, komunikasi, dan luar negeri. Beliau merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal,” kata Airlangga beberapa waktu lalu.

Pos terkait