Survei Median: Mayoritas Publik Ingin Film PKI Diputar Lagi

Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI / Courtesy Wikipedia

Soal perdebatan perlu atau tidaknya film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI, Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun memaparkan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya menunjukkan sebagian besar masyarakat masih menginginkan agar film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI untuk terus diputar.

“Temuan kami, 42 persen responden meminta film tersebut diputar kembali, 15 persen memilih tidak setuju,” kata Rico Marbun dalam rilis survei bertema “Persepsi Publik Atas Isu Komunisme dan Reshuffle Kabinet”, Kamis (30/9/2021).

Namun tidak sedikit juga masyarakat yang masih ragu menjawab. Ada 42 persen responden masih tidak menjawab atau menjawab tidak tahu.

Survei dilakukan pada medio 19 hingga 26 Agustus 2021 dengan melibatkan sampel 1.000 responden.

Bacaan Lainnya

Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Diketahui, film yang disutradarai Arifin C. Noer menceritakan Gerakan 30 September adalah gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam melakukan penculikan dan pembunuhan para jenderal TNI yang jasadnya ditemukan di sebuah sumur di Lubang Buaya, Jakarta pada tahun 1965.

Pos terkait