Jokowi Buka PON XX Papua, Ketua DPD RI Apresiasi Kehadiran Fisik Presiden

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, tiba di venue pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua / Dok. Ist

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan apresiasi atas kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (2/10/2021).

Menurut LaNyalla, kehadiran Presiden menunjukkan jika rakyat Papua sangat berarti di hati Presiden Joko Widodo.

“Seperti pidato yang disampaikan bahwa  rakyat Papua sangat dikasihi, disayangi dan dicintai Presiden. Hal ini merupakan suatu kebanggan dan kehormatan bagi masyarakat Papua,” ujar LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur ini menilai PON XX menggambarkan kemajuan infrastruktur dan kesiapan masyarakat Papua dalam mengadakan acara besar.

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana disampaikan Presiden,  PON punya makna besar buat bangsa  Indonesia. PON adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan  dan keadilan untuk maju dan bergerak bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Dengan alasan itu, DPD RI sebagai representasi daerah juga berusaha memajukan daerah khususnya Papua. LaNyalla menegaskan, DPD RI akan mendorong majunya Papua di segala bidang.

“Seperti keinginan Presiden, DPD RI juga akan mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas pengembangan pendidikan formal. Juga menciptakan wirausaha yang sukses yang bisa meningkatkan daya tambah dan potensi yang ada di Papua,” katanya.

Menurut Mantan Ketua Umum PSSI ini,  potensi Papua sangat besar. Tidak hanya dari sumber daya alam, namun juga dari banyak bidang.

“Kita mengenal banyak atlet dari Papua, banyak juga musisi sukses dan masih banyak lagi di bidang lainnya. Makanya  potensi ini harus kita kembangkan. Prestasi anak Papua terus kita pupuk,” ujarnya.

PON XX Papua sendiri diikuti 7.046 atlet dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga. Pelaksanaan PON tersebar di 4  wilayah di Bumi Cenderawasih, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.(*)

Pos terkait