Pengamanan Pilkada, 100 Personil Brimob Polda Lampung Tiba di Muna

Dansat Brimob Polda Sultra, Kombes Pol. A. Darma Sinaga (tengah). Foto : Phoyo.

MUNA – Dua hari jelang pelaksanaan Pilkada serentak, seratus personil Brimob Polda Lampung tiba di Kabupaten Muna, Senin (7/12/ 2020). Kehadiran mereka dalam rangka melakukan pengamanan pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra, Kombes Pol. A. Darma Sinaga menjelaskan, bantuan personil Brimob itu merupakan dukungan Polda Lampung untuk mengamankan pesta demokrasi di daerah yang dianggap rawan, dan Kabupaten Muna salah satu daerah yang dikategorikan rawan.

“Kami harapkan pada pesta demokrasi yang akan digelar 9 Desember 2020 bisa berjalan aman, damai dan lancar. Semoga saja tidak ada chaos antar pendukung. Saya yakin, orang Muna ini semua adalah warga yang baik,” ungkap Kombes Pol. A. Darma Sinaga saat ditemui di Pelabuhan Nusantara Raha.

Selanjutnya, kata dia, personil Brimob yang disiagakan untuk pengamankan Pilkada Muna akan ditempatkan dibeberapa wilayah yang dianggap memiliki tingkat kerawanan. Dan mereka akan bersinergi bersama Polres Muna dan Kodim 1416 Muna untuk melakukan giat patroli di setiap wilayah.

“Giat patroli akan dilakukan sebelum hari H, dan akan dilakukan sampai keadaan menjadi kondusif,” kata Dansat Brimob Sultra.

Sementara itu, Wadir Intelkam Polda Sultra, AKBP. Agung Ramos Paretongan Sinaga berharap, silaturahmi tetap terjalin dengan baik antar pendukung, sehingga menjadi “cooling system” agar Pilkada berjalan aman, damai dan kondusif.

“Kami dari TNI/Polri akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin, tentu semua ini butuh sinergitas bersama masyarakat Kabupaten Muna, agar Pilkada berjalan aman, damai dan kondusif,” jelas mantan Kapolres Muna.

Di tempat yang sama, Kapolres Muna, AKBP. Debby Asri Nugroho mengatakan, seluruh personil kini telah siap untuk mengamankan pesta demokrasi dari gangguan Kamtibmas di wilayah hukumnya.

Dia menyebutkan, dari Dalmas Polres Muna telah disiapkan 1 SSK, Dalmas Polda Sultra 1 SSK dan Brimob Polda Sultra sebanyak 1 SSK serta Brimob Nusantara Polda Lampung 1 SSK.

“Kami harapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muna untuk menjaga Kamtibmas agar daerah ini tetap aman dan damai dalam menggelar Pilkada yang sisa beberapa hari lagi,” harap Kapolres Muna.

Editor: Phoyo/Azka

Pos terkait