Parlemen Wakatobi Tegaskan Pentingnya Pemda Mengharmonisasi RPJMD

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Wakatobi Muhammad Ali / Syaiful - Parlemen.id

WAKATOBI – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Wakatobi Muhammad Ali memberikan penegasan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan seluruh jajarannya soal pentingnya harmonisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Muhammad Ali menerangkan, pentingnya diharmonisasi sebab, antara RPJMD Daerah dan RPJMD Provinsi harus ada singkronisasi sehingga apa yang menjadi program pemerintah provinsi bisa dilahirkan di daerah.

“Karena program dari provinsi yang bisa dilahirkan ke daerah harus terayomi dalam RPJMD,” ujar Muhammad Ali kepada Parlemen.id, Jumat (22/10/2021).

Lanjut dia, begitu pula dengan Nasional Nawacita Jilid II, jika tidak sinkron antara RPJMD Daerah, Provinsi dan Nasional maka akan sulit mendapat kucuran program pusat yang diturunkan kedaerah olehnya itu Pemda harus cerdas mengharmonisasi antara RPJMD dan RPJMNas.

Bacaan Lainnya

Apalagi pada RPJPD nya Wakatobi  mencantumkan diri sebagai Pusat Cagar Biofer Bumi dimana dalam hal itu tentu telah menjadi Program Nasional sampai tahun 2026.

Sehingga ia menyampaikan secara tegas kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dapat menurut kembali Rencana Pembangunan secara sistemik demi masa depan Wakatobi yang lebih baik.

Pos terkait