Reshuffle Kabinet Jilid II, Jokowi Disebut Masih Menunggu Nama Calon Menteri

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin / net

Sebelumnya dikabarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan reshuffle di Kabinet Indonesia Bersatu dalam waktu dekat ini. Namun reshuffle jilid II tersebut belum juga dilakukan.

Menurut pengamat politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin, Presiden Jokowi masih menunggu nama-nama yang nantinya akan menggantikan menteri yang terdepak dari kursinya.

Bacaan Lainnya

“Molornya waktu reshuffle bisa saja karena masih menunggu nama, bisa saja itu terjadi. Nama-nama itu nantinya menduduki menteri yang direshuflle, kemungkinan ini belum siap,” ujar Ujang dikutip Pojoksatu, Senin (13/12/2021).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menilai, bisa juga Presiden Jokowi sengaja mengulur-ulur waktu reshuffle tersebut. Sehingga, para menteri-menteri tersebut bekerja lebih keras lagi, karena merasa terancam dengan reshuffle.

“Kemungkinan tarik ulur itu sengaja dilakukan Jokowi, memicu agar menterinya bekerja lebih keras lagi. Jika isu reshuffle itu mengemuka ke publik, maka para menteri tak bisa tidur, karena takut diganti,” tutur Ujang.

Kendati demikian, lanjut Ujang, reshuffle merupakan hak progratif Jokowi.

“Semuanya tergantung Jokowi. Karena hanya Tuhan dan Jokowi yang tahu soal reshuffle kabinet,” demikian Ujang.

Pos terkait