Perbaiki Tata Kelola SDA, Jokowi Cabut 2.078 Izin Usaha Pertambangan

  • Whatsapp
Presiden RI, Joko Widodo/Ist

Presiden Joko Widodo resmi mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP) mineral dan batu bara (minerba) pada hari, Kamis (6/1/2022).

Pencabutan izin usaha pertambangan ini, menurut Jokowi adalah untuk memperbaiki tata kelola sumber daya alam (SDA). Selain itu, mengoreksi ketimpangan serta ketidakadilan. 

Bacaan Lainnya

“Hari ini sebanyak 2.078 izin perusahaan penambangan minerba kita cabut karena tidak pernah menyampaikam rencana kerja,” kata Presiden, saat jumpa pers dari Istana Bogor.

Dikatakannya, izin yang sudah diberikan bertahun-tahun kepada perusahaan pertambangan tersebut tidak memenuhi kewajibannya untuk menyampaikan rencana kerja terhadap pemerintah. 

“Izin yang sudah bertahun-tahun sudah diberikan tapi tidak dikerjakan, dan ini menyebabkan tersanderanya pemanfaatan SDA untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Jokowi.

Pemerintah terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar pemerataan, transparan, dan adil untuk mengoreksi ketimpangan ketidakadilan dan kerusakan alam.

“Izin-izin pertambangan kehutanan dan juga penggunaan lahan negara terus dievaluasi secara menyeluruh. Izin yang tidak dijalankan, tidak produktif, dialihkan ke pihak lain dan tidak sesuai peruntukkan dan peraturan kita cabut,” tandas Jokowi.

Pos terkait