Survei Elektabilitas, Golkar Tertinggi Ditempel Ketat PDIP dan Gerindra

Partai Golkar/net

Hasil survei Citra Network Nasional (CNN) menempatkan Partai Golkar menjadi partai politik dengan elektabilitas tertinggi jika pemilihan umum digelar hari ini.

Direktur Eksekutif CNN, Dwi Harini Soejono menyampaikan, elektabilitas Partai Golkar itu tertinggi dalam pertanyaan terbuka atau top of mind.

“Partai Golkar menjadi partai yang paling banyak dipilih sebagai top of mind dengan tingkat keterpilihan sebesar 14,9 persen,” ujar Dwi Harini dalam keterangannya dikitip RMOL, Rabu (16/2/2022).

Di rangking selanjutnya setelah Partai Golkar, kata Dwi, ada PDI Perjuangan dengan nilai elektabilitas 14,8 persen, menyusul partai Gerindra 14,2 persen dan Partai Demokrat 4,2 persen.

Bacaan Lainnya

Dengan memakai asumsi parlementariat threshold (PT) empat persen, diperkirakan partai politik yang tidak lolo ke parlemen ada Nasdem, PKS, PKB, PPP, PAN.

Berikutnya Partai Perindo, PRIMA, Partai Buruh, Garuda, PSI, PBB, Partai Gelora 0,6 persen, Partai Hanura 0,6 persen, dan Partai Ummat 0,2 persen.

“Sedangkan yang tidak menjawab atau belum memilih ada 30,8 persen,” demikian Dwi.

Survei dilakukan pada media 22 Januari hingga 6 Februari 2022 dengan melibatkan 2.140 respoden yang diambil data melalui wawancara mendalam.

Adapun toleransi kesalahan atau margin of error yang dipakai 2,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pos terkait