Dorong Transformasi Industri Digitalisasi Tourism di Indonesia, Dispar Sultra Gelar Bintek Sisparnas

Bimbingan Teknis Pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Selasa (12/7/2022)/Dok. Parlemen.id

KENDARI – Basis data satu pintu, terstruktur dan komperhensif terkait kepariwisataan menjadi salah satu poin penting dalam pengembangan dunia pariwisata nasional maupun daerah.

Kepala Dinas Pariwisata(Kadispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Beli Harli Tombili mengatakan, Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (Sisparnas) menjadi salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang saat ini gencar melakukan sosialisasi dan penerapannya melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) di berbagai provinsi termasuk Sultra.

“Bimtek ini mendorong tercapainya transformasi industri digitalisasi tourism di Indonesia,” kata Beli dalam sambutannya membuka Bimtek Pengembangan Sisparnas di salah satu hotel di Kendari, Selasa (12/7/2022).

“Sultra dengan kekuatan potensi destinasi yang banyak dan beragam karakter tersebar di berbagai kabupaten kota, serta bangkitnya destinasi desa wisata yang masif tentu menjadi modal besar bagi pengembangan pariwisata Sultra itu sendiri,” sambung Beli.

Bacaan Lainnya

Tanpa kekuatan data yang komperhensif, lanjut Beli, kepariwisataan di Sultra tidak bisa terancang kebijakan dan pergerakan program yang baik.

Saat ini ada dua program besar pariwisata Sultra tengah gancar digerakkan yaitu Desa Wisata Sultra dan Beyond Wakatobi Seven Wonder South East Sulawesi atau 7 Kawasan Penyangga Wakatobi.

“Program ini pun tidak bisa berjalan baik jika tidak didukung dengan basis data yang akurat,” lanjutnya.

“Diharapkan melalui Bimtek Sisparnas ini maka sistem informasi kepariwisataan daerah di Sultra lebih baik, terstruktur dan memperkuat program-program pengembangan untuk pariwisata yang berkelanjutan,” imbuh Beli.

Kegiatan Bimtek Sisparnas Kemenparekraf melalui Dinas Pariwisata Sultra terselenggara melalui dana dekonsentrasi Dispar Sultra Tahun 2022, dengan menghadirkan tiga nrasumber, masing-masing Kepala BPS Sultra, Agnes Widiastuti; Perwakilan Kementrian Pariwisata, Haryono; dan Praktisi Pariwisata Sultra, Ahmad Nizar.

Kegiatan ini diikuti perwakilan kantor BPS se-Sultra, perwakilan Dinas Pariwisata se-Sultra, dan perwakilan tenaga surveyor lapangan Sisparnas di Sultra.

Pos terkait