HUT Sultra ke-58, DPMPTSP Sultra Terbaik ke-3 Pameran Kategori Layanan Publik

Stand booth Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih juara stand booth terbaik ke-3 kategori pelayanan publik pada Pameran Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dimoment hari jadi Provinsi Sulawesi Tenggara ke-58.

Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi mengatakan cukup bangga dengan pencapaian tersebut karena selama ini DPMPTSP Sultra belum pernah meraih juara dikegiatan-kegiatan seperti ini.

“Pencapaian ini cukup prestisius, saya kira ini adalah momentum untuk DPMPTSP Sultra untuk terus berbenah memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Parinringi.

Parinringi berharap pada kegiatan-kegiatan selanjutnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya bisa meraih juara terbaik pertama untuk kategori-kategori yang ditentukan.

Bacaan Lainnya

Kehadiran stand booth DPMPTSP Sultra ini, kata Parinringi, merupakan bagian dari upaya promosi potensi ekonomi dalam rangka menarik minat penanaman modal di Sultra.

Bagi DPMPTS Sultra, amanah untuk merencanakan, menyiapkan, melakukan dan mengembangkan strategi promosi potensi ekonomi Sulawesi Tenggara tersebut telah tertuang dalam rencana umum penanaman modal Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 19 Tahun 2012.

Diharapkan kemudian promosi potensi ekonomi Sultra yang diselenggarakan oleh DPMPTSP Sultra mampu memberikan informasi dan meningkatkan peluang penanaman modal atau investasi di Sultra untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Nanti kita akan menggunakan metode yang lebih inovatif untuk mendukung upaya menawarkan peluang investasi yang ada di Sultra. Fokus utamanya adalah pengembangan Business Model yang baik sesuai potensi daerah dan peluang investasi yang ada,” ujar Parinringi.

Untuk meraih peluang investasi global di Sultra harus siap dengan investasi yang berdaya saing. Dalam era pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, investasi berperan strategis sebagai kunci penggerak tumbuhnya lapangan kerja, pemberdayaan manusia serta pemerataan pembangunan. Daerah, khususnya provinsi, harus lebih inovatif dalam mempersiapkan kegiatan-kegiatan promosi investasi baik bagi investor internasional maupun bagi investor dalam negeri.

“Sebagaimana arahan Kementerian Investasi, promosi investasi di daerah harus lebih canggih dengan memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi informasi yang ada,” katanya.

Sebagai pemenang kategori layanan publik, konsepsi pelayanan terpadu satu pintu yang berada di domain DPMPTSP sebagai satu-satunya sistem yang memberikan pelayanan perizinan dan pelayanan informasi, sehingga semua bentuk perizinan yang diselenggarakan oleh instansi teknis segera diintegrasikan ke DPMPTSP, sesuai amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007, dan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2009 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Saya ucapkan terima kasih kepada tim juri yang telah memberikan penilaian terkadap DPMPTSP Sultra, serta staf dan pegawai DPMPTSP Sultra yang saya cintai dan telah ikut serta mewujudkan stand pameran kita hingga bisa meraih penghargaan,” kata Parinringi.

Diketahui, untuk stand pameran tingkat OPD terbagi menjadi tiga kategori, yakni bidang layanan publik, bidang ekonomi, dan bidang sosial dan pembangunan.

Stand booth pemenang Pameran Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada kategori bidang layanan publik masing-masing, terbaik pertama adalah Rumah Sakit Bahteramas, terbaik kedua Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sultra, dan terbaik ketiga yakni DPMPTSP Sultra.

Untuk juara kategori bidang ekonomi diraih Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai juara pertama, Dinas Pariwisata juara kedua, dan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan juara ketiga.

Sedangkan pada kategori bidang sosial dan pembangunan, masing-masing diraih Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang menjadi juara pertama, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juara kedua, dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga juara ketiga.

Pos terkait