Pesona Pariwisata Muna, Kadispar Sultra: Terus Berinovasi dan Manfaatkan Potensi

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra Beli Harli Tombili (kiri) menemui pelaku ekonomi kreatif disela kunjungannya menghadiri Festival Kaghati Kolope 2022 di Kabupaten Muna, Sabtu, 23 Juli 2022/Dok. Dispar Sultra

MUNA – Pesona pariwisata Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) memilikikekuatan tersendiri, baik dari sajian destinasi alam, tradisi budaya hingga sejarahnya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra Beli Harli Tombili saat menghadiri Festival Kaghati Kolope 2022 di Kabupaten Muna, Sabtu, 23 Juli 2022.

“Potensi pariwisata Muna cukup kuat dan wajib dikembangkan,” tegas Beli dikutip Teramedia.

Belli menyebutkan, salah satunya adalah Kaghati Kolope yang kini sudah menjadi salah satu icon pariwisata muna. Sejarah dari layang-layang tradisional yang berasal dari daun ini memiliki keunikan tersendiri dan hanya satu satunya di Indonesia bahkan di dunia. Keberadaan layang layang ini bahkan ada dalam lukisan dinding goa liang kabori.

Bacaan Lainnya

“Harapan saya festival ini berkelanjutan dan bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan domestik hingga manca negara ke Pulau Muna.” sebut Beli.

Pemda Muna melalui Dinas Pariwisata harus terus berinovasi memanfaatkan potensi yang ada. Tidak hanya mengulang atau copy paste kegiatan-kegiatan atau program sebelumnya.

Konsep pengembangan destinasi, kapasitas SDM, kualitas produk hingga promosi dan event harus betul-betul digarap dengan kreatif dan inovatif hingga cepat diterima pasar wisatawan, pentingnya kolaborasi bersama elemen lain, membangun kemitraan dengan pelaku pariwisata secara berkelanjutan.

“Pariwisata muna harusnya di Gas Pol, karena peluang angka kunjungan masih sangat terbuka lebar bisa diserap,” tuturnya.

Pos terkait