Dispar Sultra Bangkitkan Pelaku UMKM Terdampak Pandemi di Bombana, Dengan Workshop dan Konsultasi Desain Produk

BOMBANA – Komoditas daerah yang potensial tentu sangat disayangkan jika tidak termanfaatkan dengan baik, khususnya ditangan para pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Di sinilah peran Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) hadir melalui ekonomi kreatif untuk membangkitkan hal itu.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispar Sultra, Syamsinar mengaku Kabupaten Bombana dipilih sebagai lokasi kegiatan karena potensi komoditas daerah itu cukup melimpah.

Di satu sisi, ada keinginan besar agar pelaku usaha di wilayah setempat semakin bangkit dan berkembang setelah terdampak pandemi Covid-19.

“Penggiat ekosistem dan teman-teman pelaku ekonomi kreatif dapat memahami bagaimana cara mendesain produk, utamanya cara kita mengkreasikan suatu produk menjadi lebih cantik, menarik, lebih mungkin unik dan mempunyai kekhasan, sehingga pada akhirnya produk yang kita miliki secara bersama punya peluang value secara ekonomi dan peluang secara pasar yang lebih besar,” jelas Syamsinar dalam keterangannya pada pembukaan kegiatan, Senin (4/7/2022).

Bacaan Lainnya

Untuk itulah workshop pengembangan desain produk ekonomi kreatif yang diikuti peserta dari kalangan UMKM dilatih mengembangkan desain produknya melalui para pemateri yang berkompeten, seperti chef dan content creator La Ode Saiful Rachman dengan materinya pengembangan desain produk dari segi pelaku kuliner profesional.

Selain itu, desainer produk industri Achmad Fadillah dengan materinya desain produk kemasan dan identitas merek, serta penggiat UMKM Bombana Agustamin Saleko dengan materinya ekonomi kreatif dan desain produk.

“Selama workshop peserta tidak sekadar diberikan wawasan secara teori, melainkan membawa serta produknya untuk dipromosikan serta dikonsultasikan dengan pemateri,” ujarnya.

Pos terkait