Pulau Labengki, Wisata Alam Eksotis di Sulawesi Tenggara

KONAWE UTARA – Pulau Labengki yang ada di Sulawesi Tenggara, Saking indahnya, tempat ini bahkan dijuluki sebagai replika dari Kepulauan Raja Ampat. Mulai dari laguna yang indah hingga deretan karang menjadi keeksotisan alam yang bisa Anda lihat di sini.

Kawasan ini terbagi dua antara Labengki Besar dan Labengki Kecil. Labengki Besar merupakan pulau tak berpenghuni dan kawasan hutan lindung. Sedangkan Labengki Kecil merupakan tempat tinggal Suku Bajo.

Untuk mengunjungi Pulau Labengki, wisatawan bisa memulai perjalanan ke Kota Kendari terlebih dahulu. Dari sana, bisa melanjutkan perjalanan darat ke Toli-toli Kabupaten Konawe sekitar satu jam. Selanjutnya, naik kapal sekitar tiga jam sampai ke Pulau Labengki.

Selain keindahan alam berupa deretan karang, Pulau Labengki juga menyajikan indahnya perairan biru yang jernih. Tidak heran, Pulau Labengki juga dikenal sebagai lokasi diving. Uniknya lagi, ada satu spot menarik yang menjadi lokasi ikonik di sini yaitu Teluk Cinta. 

Bacaan Lainnya

Dikatakan demikian karena memang di Teluk Cinta Anda akan melihat keindahan teluk berbentuk hati. Biasanya para traveler yang ingin melihat pemandangan cantik tersebut bisa melihatnya dengan trekking ke puncak bukit yang ada di sekitar pulau.

Berlibur ke Labengki tentu tak lengkap bila tidak mengeksplor keindahan bawah lautnya. Wisatawan dapat melakukan snorkeling atau diving. Tak perlu khawatir soal peralatan menyelam, karena di sana pun banyak tempat yang menyewakan perlengkapan untuk menyelam. Bila beruntung, Anda malah bisa bertemu dengan lumba-lumba yang sedang berenang bebas.

Di Labengki, wisatawan juga bisa melihat langsung kima raksasa berukuran 50 cm. Kima merupakan genus kerang berukuran besar yang biasa menghuni perairan laut hangat. Nah, kima yang ada di Labengki ini termasuk paling besar kedua di dunia. Tak heran banyak peneliti datang ke sana untuk mengamati kima dan mengunjungi konservasi alam. Labengki sendiri dikenal dengan sebutan giant clam marine park reservation.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan wisatawan di pulau ini adalah memancing dari atas kapal. Perairan Labengki menyimpan banyak ikan-ikan yang biasa jadi target pemancing, misalnya tuna sirip kuning, kakap merah, kerapu, ikan layar, hingga barakuda. Setelah memancing, hasil tangkapan bisa disantap sambil menikmati suasana pantai.

Pos terkait