Temukan Banyak Kecurangan di Pilkada Konsel, RAG-SS Bakal Gugat ke MK

KENDARI – KPUD Konsel telah melakukan pleno penetapan perhitungan suara Pilkada Konsel, Rabu (16/12/2020).

Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konsel nomor urut 1, Rusmin Abdul Gani (RAG) – Senawan Silondae (SS) menemukan berbagai kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada Konsel.

Berbekal bukti-bukti yang telah dikumpulkan tim pemenangan, Paslon RAG-SS akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (17/12/2020).

Kepada awak media, Rusmin mengatakan, Pilkada Konsel diwarnai dengan aksi kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif. Olehnya itu, untuk menindaklanjuti pelanggaran Pilkada tersebut, tim hukum RAG-SS telah menyiapkan materi gugatan ke MK.

“Besok, tim hukum kami akan daftarkan gugatan ke MK, ” ucap Rusmin Abdul Gani.

Lebih lanjut, dia juga menyebutkan, pihaknya berkomitmen untuk menindaklanjuti kasus money politik di Konsel, sehingga seluruh saksi RAG-SS diminta tidak menandatangani hasil pleno di setiap kecamatan.

“Itu artinya kita menolak hasil pleno. Karena kita inginkan money politik di Konsel ini di selesaikan,” ujarnya.

Rusmin juga memastikan, pihaknya tak pernah memberikan rekomendasi kepada siapa pun untuk menandatangani berita acara pleno penetapan perhitungan suara di tingkat kabupaten.

“Sehingga kami menduga ada indikasi permainan KPU. Dari pihak KPU tidak teliti dalam melakukan pemeriksaan administrasi,” pungkasnya.

Penulis: Risal
Editor: Azka

Pos terkait