Gagal Moncer di Pilkada Sultra, Nasdem: Menang Kalah Soal Biasa

Ketua Bidang Hubungan Legislatif DPP Nasdem, Atang Irawan/Foto: Lala.

Kendari-Ketua Bidang Hubungan Legislatif DPP Nasdem, Atang Irawan angkat bicara soal evaluasi hasil Pilkada di 7 zona penyelenggara Pilkada se-Sultra. Kepada awak media di Kendari, Jumat (18/12/2020), ia mengungkapkan,  Nasdem sendiri memproyeksikan kemenangan di 5 dari 7 zona penyelenggara Pilkada. Hasilnya, Nasdem harus berbangga sekaligus berbesar hati atas capaian tersebut. Sisanya, Nasdem tak menampik belum moncer alias belum berhasil mengklaim kemenangan di dua zona lainnya, Muna dan Kolaka Timur.

Disinggung soal sikap Nasdem menyikapi kekalahan di pilkada Koltim dan Muna. Atang menguraikan secara diplomatis, bahwa variabel kekalahan ataupun kemenangan Nasdem di Pilkada, tak lantas menjadi tolak ukur perubahan struktur internal partai.

Alih-alih berpikir soal evaluasi kader, ia justru terang-terangan mengapresiasi soliditas dan kinerja kader memenangkan suara Nasdem di masing-masing Kabupaten.

“Evaluasi struktur tak ada. Kami hanya berbicara dalam konteks hasil, dan strategi pemenangan Nasdem. Kami mengapresiasi kinerja para paslon dan kader yang bergerak bersama all out memenangkan suara Nasdem di kabupaten masing-masing. Pada akhirnya, menang kalah soal biasa,” ungkap Atang.

Bacaan Lainnya

Disinggung kembali soal sikap Nasdem menyikapi indikasi pelanggaran yang terjadi dalam Pilkada kali ini, Atang juga secara lugas mengungkapkan bahwa Nasdem saat ini tetap terbuka mengambil peran dalam proses penyelesaian sengketa Pilkada, sesuai dengan legal standing kader Nasdem yang berperan sebagai penggugat ataupun tergugat.

“Nasdem mengambil peran dalam proses penyelesaian sengketa di Bawaslu, DKPP. Mulai dengan memback up, menganalisis data. Nasdem mengawal all out dari awal sampai akhir. Apalagi yang berindikasi money politik yang cukup masif. Materinya sekarang kia analisa dulu,” pungkasnya.

NasDem sendiri diketahui memetakan dukungan kepada sejumlah Paslon Kada di 7 zona penyelenggaraan Pilkada yakni: Amrullah-Andi Muh Lutfi di Konawe Kepulauan (Konkep), Surunuddin Dangga-Rasyid di Pilkada Konawe Selatan (Konsel), Haliana-Ilmiati Daud di Wakatobi, Tony Herbiasyah-Baharudin di Kolaka Timur (Koltim), Sudiro di Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Rajiun Tumada di Muna.

Pos terkait