Tiga Sekda Isi Jabatan Kepala Daerah yang Berakhir di Sulawesi Tenggara

Gubernur Ali Mazi Bersama Tiga Sekda yang Menjadi Plh Bupati. (Foto: Diskominfo Sultra)

KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menyerahkan surat keputusan penunjukan kepada tiga Sekretaris Daerah (Sekda) menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

Sekda Kabupaten Buton Utara, Yuni Nurmalawati sebagai Plh Bupati Butur, Sekda Kabupaten Konawe Kepulauan, Cecep Trisnajayadi sebagai Plh Bupati Konkep, dan Sekda Kabupaten Kolaka Timur, Eko Santoso Budiarto sebagai Plh Bupati Koltim.

Gubernur Ali Mazi mengatakan, tiga daerah tersebut berakhir masa jabatannya pada tanggal 17 Februari 2021. Untuk menghindari kekosongan jabatan dan menindaklanjuti surat Kemendagri nomor 120/738/OTDA perihal penugasan pelaksana harian kepala daerah, maka dikeluarkan surat penunjukkan Plh bupati.

Ali Mazi juga menegaskan kepada tiga Plh dalam rangka menjamin roda pemerintahan sambil menunggu pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih, agar selalu berkoordinasi dengan gubernur. Hal ini harus dipatuhi sesuai perintah perundang-undangan.

“Ingat tugas Plh sangat terbatas, bisa 7 hari, bisa saja 21 hari sambil menunggu kapan jadwal pelantikan bupati terpilih. Olehnya itu, Plh bupati tidak bisa mengambil tindakan yang sifatnya strategis, seperti melakukan pelantikan pejabat,” kata Ali Mazi di Aula Merah Putih Rujab Gubernur, Selasa (16/2/2021).

Ali Mazi menegaskan, meskipun kewenangan Plh tidak sebesar bupati, tetapi tetap memiliki peran yang penting dalam menjalankan tugas-tugas kedaerahan, terutama memastikan roda pembangunan berjalan sesuai harapan.

“Saya titip pesan agar dalam menjalankan tugas untuk senantiasa meningkatkan disiplin ASN. Bangun kerja yang harmonis dengan pihak legislatif dan elemen terkait lainnya dalam rangka kelancaran tugas pemerintahan daerah. Selamat bertugas, pikul tanggungjawab dengan sebaik-baiknya sampai adanya pelantikan bupati definitif,” harapnya.

Penunjukkan Plh Bupati tersebut diikuti Bupati Konkep terpilih, Amrullah dan Wabup Koltim terpilih Andi Merya Nur, serta disaksikan Sekda Sultra, Asisten I dan unsur OPD.

Untuk diketahui, pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara, Konawe Kepulauan, dan Kolaka Timur Periode 2016-2021 berakhir pada tanggal 17 Februari 2021.

Pos terkait